PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG
Main Author: | INTAN PERMATA SARI, 1313053075 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65711/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65711/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65711/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65711/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang rendah.. Desain dalam penelitian ini adalah quasi experimental. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Tahun Ajar 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 15,0 for windows. Hasil analisis data diperoleh (1) tidak ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar pada kelas yang menggunakan RME pada mata pelajaran matematika, (2) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas yang menggunakan RME dan kelas dengan metode konvensional. Peneliti menyimpulkan bahwa RME membutuhkan faktor lain untuk menopang kesuksesan pembelajaran seperti budaya ajar mengajar dan materi ajar. Kata kunci : pengaruh, rme, sekolah dasar. This study was aims to investigate the effectiveness of teaching maths to children in grade four of SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung through Realistic Mathematic Education (RME). There were two groups with the total of 56 students selected through purposive sampling involved in this research. The first one was taught with RME and the second one with conventional method. The hypothesis testing was done through regression analysis and independent groups t-test on SPSS 15.0 for windows. The results indicates the absence of significant improvements in student’s abstrack thinking ability in experiment group and that is no different from the results in second group. The researcher concludes that the implementation RME requires the presence of some other supporting factors like learning culture and learning material to function effectively. Keywords: elementary school, impact, rme.