PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 TAMAN NEGERI

Main Author: ANGGAR EKA APRIYANTI, 1313053013
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65671/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65671/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65671/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65671/
Daftar Isi:
  • Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif metode problem solving terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Alat pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada metode problem solving terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri2 Taman Negeri. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test sparatedvarians, dengan hasil nilaithitung= 28,26 >ttabel= 2,042 (dengan α = 0,05), dengan rata-rata N-Gain di kelas eksperimen sebesar 0,75 dan termasuk ke dalam kategori tinggi. Kata kunci: hasil belajar, ips, problem solving The problem of this study was the low learning outcomes of social studies. The purpose of this study was to determine the significant and positive influence of problem solving methods on social studies learning outcomes. This type of research was experimental. The research design used nonequivalent control group design. Data collection tools used tests. The results of the study explained that there was a positive and significant influence on the problem solving method on student learning outcomes in social studies learning at grade IV SD Negeri 2 Taman Negeri. It was proven by using the formula t -test sparated variance, with the result of t-count = 28.26> ttable = 2.042 (with α = 0.05), while the average value of N-Gain in the experimental class is 0.75, including the high category. Keywords: learning outcomes, problem solving, social studies