STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PASCA BENCANA TSUNAMI DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Studi Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan)

Main Author: Sofyan, 1616041053
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65658/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65658/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65658/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65658/
Daftar Isi:
  • Lampung merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi wisata yang cukup besar dimana setiap daerah memiliki potensi pariwisata dengan daya tariknya tersendiri salah satunya di Kabupaten Lampung Selatan. Namun, Bencana Tsunami yang melanda wilayah pesisir Banten dan Lampung Selatan pada tanggal 22 Desemeber 2018, berdampak pada penurunannya jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke destinasi wisata pada akhir Tahun 2018. Berdasarkan permasalahan yang diangkat di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan dalam upaya pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan pasca Bencana Tsunami. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data disajikan dan di analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan mempunyai strategi untuk mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan. Dalam menentukan sebuah strategi pengembangan pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan Pasca Bencana Tsunami memperhatikan empat faktor dasar. Keempat faktor tersebut ialah Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dengan beberapa sektor yang terlibat dalam proses pengembangan pariwisata tersebut. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan anilisis SWOT yang menghasilkan empat strategi yakni strategi SO (Menjaga potensi yang ada dikawasan objek wisata agar tetap alami, bersih dan asri), Strategi WO (Melengkapi fasilitas yang belum ada atau menambahkan yang sudah ada untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.), Strategi ST (Memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana untuk menyebarkan informasi dan promosi), dan Strategi WT (Memberikan arahan atau sosialisasi tanggap darurat mitigasi Bencana). Kata kunci : Pengembangan, Pariwisata, Pasca, Tsunami. Lampung is one of the provinces that has considerable tourism potential where each region has tourism potential with its own charm, one of which is in South Lampung Regency. However, the Tsunami disaster that hit the coastal areas of Banten and South Lampung on December 22 2018, resulted in a decrease in the number of domestic and foreign tourist visits to tourist destinations at the end of 2018. Based on the problems raised above, the purpose of this study is to describe and analyzing the strategies carried out by the South Lampung Regency Tourism and Culture Office in an effort to develop the tourism sector in South Lampung Regency after the Tsunami Disaster. This type of research is qualitative research with a descriptive approach. Data presented and analyzed descriptively. Based on the research results, it is known that the Tourism and Culture Office of South Lampung Regency has a strategy to develop tourism potential in South Lampung Regency. In determining a tourism development strategy in the Post-Tsunami Disaster South Lampung District, we consider four basic factors. The four factors are strengths, weaknesses, opportunities and threats with several sectors involved in the tourism development process. The conclusion of this study is based on SWOT analysis which produces four strategies, namely the SO strategy (keeping the existing potential in the area of a tourist attraction in order to keep it natural, clean and beautiful), the WO strategy (completing the missing facilities or adding existing ones to provide comfort for visitors. ), ST Strategy (Utilizing information technology as a means of disseminating information and promotion), and WT Strategy (Providing direction or dissemination of disaster mitigation emergency response). Keywords: Development, Tourism, Post, Tsunami.