PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: NURMAYANI , 1723021007
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65644/1/1.ABSTRAK%20TESIS.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65644/2/2.TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65644/3/3.TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65644/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Oleh: Nurmayani Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran discovery learning berbasis pendekatan matematika realistik yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan pengembangan pembelajaran, validasi, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji validitas pengembangan pembelajaran, uji validitas materi dan uji validitas media oleh ahli yang berkompeten.. Penelitian ini terbatas pada ruang lingkup validasi ahli dan diharapakan peneliti lain yang memiliki tujuan penelitian yang sama dapat melanjutkan penelitian ini. Kata kunci: discovery learning, keterampilan berpikir kritis, matematika realistik