UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ( TAI ) SISWA KELAS VI SDN 5 MERAK BATIN
Daftar Isi:
- ABSTRAK Berdasarkan observasi awal terungkap fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru dikelas VI SDN 5 Merak Batin masih menggunakan metode ceramah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran matematika. Siswa duduk diam saja, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan siswa banyak bermain (mengobrol) karena pelajaran dianggap membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization ( TAI ). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Prosedur penelitian ini merupakan proses kajian berdaur ulang (siklus) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan diakhiri refleksi dalam tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization ( TAI ) dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat membantu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran matematika ; (2) Melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika . Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( TAI ).