HUMANISME DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA)

Main Author: INDAH TRI WAHYUNI , 1613041007
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65619/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65619/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65619/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65619/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan humanisme dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy cetakan I tahun 2019 terbitan Republika, Jakarta dengan tebal 546 halaman. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data berupa kata-kata atau kalimat terdapat pada bagian novel yang mengandung kutipan terkait dengan humanisme yang dapat dilihat dari perwujudan perilaku tokoh dalam novel. iii Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra dengan fokus analisis nilai humanisme yang terdapat pada perilaku tokoh. Adapun, perspektif yang digunakan ada tiga, yaitu (1) humanisme sebagai konsep kulturalis tentang manusia, (2) humanitas sebagai konsep ontologis tentang manusia, dan (3) humaniora sebagai konsep pedagogis tentang manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur humanisme yang dominan dalam novel Bumi Cinta adalah humaniora sebagai konsep pedagogis tentang manusia untuk saling menghargai sesama manusia. Selanjutnya, temuan data penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan skenario pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas XII semester ganjil dengan kompetensi dasar 3.8 Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca. Tujuan pembelajaran siswa yaitu mampu mengidentifikasi pandangan pengarang dan menghubungkan tafsiran tentang pandangan pengarang dalam novel dengan kenyataan sosial. Kata kunci : humanisme, sosiologi sastra, skenario pembelajaran