HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTABUMI TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: PUTRI FITRIA, 1613052019
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65571/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65571/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65571/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65571/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah penyesuaian diri dengan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan interaksi sosial pada siswa SMA Negeri 3 Kotabumi Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa dari populasi berjumlah 918 siswa diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri dan skala interaksi sosial. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan metode penelitian bersifat kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara penyesuaian diri dengan interaksi sosial dengan nilai korelasi rhitung=0,959 > rtabel=0,163 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penyesuaian diri dengan interaksi sosial pada siswa SMA Negeri 3 Kotabumi Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci : bimbingan dan konseling, interaksi sosial, penyesuaian diri.