PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN TAHAPAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA

Main Author: Indri Cahya Kusuma, 1623021018
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65559/1/1.abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65559/2/tesis%20full%20ok.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65559/3/Tesis%20Full%20Tanpa%20Pembahasan%20ok.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65559/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan model pembelajaran berbasis masalah, serta efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan self efficacy siswa. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model Borg dan Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan desain produk awal,uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji lapangan, dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan H SMPN 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Data penelitian diperoleh melalui tes berpikir reflektif matematis dan skala self efficacy. Teknik analisis data menggunakan uji t dan N-gain. Uji efektivitas dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dengan tahapan think, pair, share (TPS) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan self efficacy siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) studi pendahuluan menunjukkan kebutuhan dikembangkannya pembelajaran yang terfokus pada kebutuhan dan kesulitan dalam berpikir tingkat tinggi siswa yang difasilitasi dengan LKPD. (2) pengembangan model PBM dengan tahapan TPS memiliki kategori valid, perangkat pembelajaran yang juga memiliki kategori valid yaitu silabus, RPP, dan LKPD dengan rata-rata persentase adalah 80,11%, (3) Hasil kepraktisan dan kemenarikan pengembangan PBM dengan TPS memiliki kategori praktis dengan rata-rata persentase 84,8% dan kategori menarik dengan rata-rata persentase nilai adalah 83,43%, dan (4) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa PBM yang dikembangkan dengan TPS lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self efficacy siswa. (5) Peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran PBM yang dikembangkan dengan TPS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran PBM yang tidak dikembangkan dengan TPS. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, think pair share, berpikir reflektif matematis, self efficacy. This research is a development research that aims to determine the results of the development of problem-based learning models, as well as their effectiveness on students' mathematical reflective thinking skills and self-efficacy. This development research adapts the Borg and Gall model. The research procedures carried out include preliminary research and data collection, planning, developing initial product designs, initial field trials, revising the results of initial field trials, field testing, and refining products from field trials. The subjects of this study were students of class VIII A and H SMPN 20 Bandar Lampung for the 2019/2020 academic year. The research data were obtained through a mathematical reflective thinking test and a self-efficacy scale. The data analysis technique used the t test and N-gain. The effectiveness test was conducted to determine the effect of problem-based learning developed with the think, pair, share (TPS) stage on students' mathematical reflective thinking skills and self-efficacy. Research results show that (1) a preliminary study shows the need to develop learning that is focused on the needs and difficulties in high-order thinking of students facilitated by LKPD. (2) PBM models development with TPS satges has a valid category, learning tools that also have a valid category are syllabus, lesson plans, and student worksheet with an average percentage of 80.11%, (3) the practicality and attractiveness of developing PBM with TPS has a practical category with an average percentage of 84.8% and an attractive category with an average percentage value of 83.43%, and (4) The results of the effectiveness test show that PBM developed with TPS is more effective in improving students' mathematical reflective thinking skills and self-efficacy. . (5) Increased mathematical reflective thinking skills and self-efficacy of students who use PBM learning developed with TPS is higher than students who use PBM learning that is not developed with TPS. Keywords: problem-based learning, think pair share, mathematical reflective thinking, self-efficacy.