PENGUKURAN AKTIVITAS SUBGRADE JALAN TERHADAP NILAI DAYA DUKUNG YANG DISUBSTITUSI MATERIAL PASIR

Main Author: DANI APRIZAL, 1315011027
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS TEKNIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65535/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65535/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65535/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65535/
Daftar Isi:
  • Umumnya kerusakan pada perkerasan jalan disebabkan tanah dasar pada perkerasan jalan memiliki daya dukung tanah yang buruk, hal ini dikarenakan sifat tanah yang berpotensi mengalami pengembangan tanah akibat dari faktor cuaca dan lingkungan. Oleh sebab itu, perlu dilakukannya perkuatan pada tanah tersebut, salah satunya menggunakan material pasir. Pada penelitian ini sampel tanah yang digunakan berasal dari Ruas Jalan R.A.Basyid, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan pada STA 3+100 dan variasi pasir yang digunakan yaitu 0, 5, 10, & 15 % dari berat tanah. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian CBR dari efek pegembangan tanah, lalu berdasarkan hasil pengujian tersebut, dilakukan perhitungan tebal perkerasan dengan metode analisa komponen SKBI 2.3.26.1987. Tanah pada penelitian ini termasuk kelompok A-7 atau jenis tanah yang buruk. Nilai aktivitas tanah pada setiap penambahan pasir 0%, 5%, 10%, dan 15% berturut-turut yaitu 0,5920; 0,4612; 0,2961; dan 0,2177. Nilai aktivitas tanah menurun seiring dengan menurunnya fraksi lempung. Hubungan nilai aktivitas tanah dan sifat-sifat fisik tanah terganggu (disturbed) pada tiap persentase penambahan pasir dengan kadar 0%, 5%, 10%, dan 15% memengaruhi tebal perkerasan jalan yang direncanakan. Dan Hasil perhitungan tebal perkerasan yang paling efisien didapatkan pada sampel tanah dengan persentase +15% pasir dan nilai aktivitas tanah yang rendah yaitu 0,2177. Kata kunci : CBR, Pengembangan Tanah, Tebal Perkerasan, Stabilisasi, Pasir abstract Generally, the damage to the road pavement is caused by the subgrade on the road pavement having poor soil bearing capacity, this is due to the nature of the soil which has the potential to experience soil development due to weather and environmental factors. Therefore, it is necessary to do strengthening on the soil, one of which is using a sand material. In this study, the soil samples used came from Jalan R.A.Basyid, Jati Agung District, South Lampung at STA 3 + 100 and the variations of sand used were 0, 5, 10, & 15% of the weight of the soil. The test carried out is the CBR test of the effect of soil development, then based on the results of the test, the pavement thickness is calculated using the SKBI 2.3.26.1987 component analysis method. The soil in this study was included in group A-7 or poor soil types. The value of soil activity for each addition of sand was 0%, 5%, 10%, and 15%, respectively, namely 0.5920; 0.4612; 0.2961; and 0.2177. The value of soil activity decreases with decreasing clay fraction. The relationship between the value of soil activity and the physical properties of the disturbed soil at each percentage of added sand with levels of 0%, 5%, 10%, and 15% affected the planned pavement thickness. And the most efficient calculation of pavement thickness was obtained in soil samples with a percentage of + 15% sand and a low soil activity value of 0.2177. Keywords: CBR, Soil Swelling, Pavement Thickness, Stabilization, Sand