PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEBANGSAAN SISWA DI SMP NEGERI 1 NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Main Author: MERI EFENDI, 1623031033
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65455/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65455/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65455/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65455/
Daftar Isi:
  • ii ABSTRAK THE DEVELOPMENT OF SOCIAL TEACHING MATERIALS TO INCREASE STUDENTS' NATIONALITY CHARACTER IN SMPN 1 NATAR SOUTH LAMPUNG 2019-2020 By Meri Efendi The backgrounds of this research are lack of character value, limitation of school textbooks, less attractive in colour and images' display of the textbooks, textbooks' content are difficult to understand, importance of social learning module and costly textbooks. The purposes of this research were to produce social teaching materials product and analyze the effectivity of using that materials. This research was development research (R&D) by Borg and Gall which was modified with Assure design development module. This module was validated by learning materials experts, professional learning designers, linguists, social teachers, and students. The effectivity of this product was obtained in using pre test and post test experiment (control group design). The result of pre test and Post test social examination were analyzed with t test and gain normalized ratio. Based on analyzing data and discussion were obtained these following conclusions:1) Using teaching social materials contains charakter as source of learning could improve the students' character values. 2) This teaching social materials development process for the eight grade students was used as step of research development by Borg and Gall with Assure design development. 3) That development module was more effective than the module without it in that school. Based on assessments by linguists, module designer experts, and social teaching materials experts were obtained a proper response to be developed. This module was stated effective and could be proved in effectivity test through high effectiveness 83,38 and the average of value from control class is 66,31. The average result of students nationality character increase 10 % in eksperement class and only 2 % in control class Keywords: social teaching materials, learning result and nationality character. iii ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEBANGSAAN SISWA DI SMP NEGERI 1 NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019-2020 Oleh Meri Efendi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai karakter kebangsaan dan terbatasnya buku paket di sekolah, kurang menariknya warna, tampilan gambar buku paket yang ada, buku paket sekolah sulit untuk dipahami isinya, perlunya modul pembelajaran IPS dan mahalnya buku cetak. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar IPS dan untuk menganalisis efektivitas penggunaan bahan ajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) Borg dan Gall, dimodifikasi dengan pengembangan desain modul Assure. Produk modul ini divalidasi oleh ahli materi pembelajaran, ahli media atau desain pembelajaran, ahli bahasa, guru IPS dan siswa. Efektivitas produk diperoleh dengan menggunakan uji eksperimen pre test danpost test (control group design). Data pre test dan post test hasil ulangan IPS dianalisis dengan menggunakan t test dan perbandingan gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut:1) Pembelajaran menggunakan bahan ajar IPS mengandung nilai karakter sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan nilai-nilai karakter siswa. 2) Proses mengembangkan bahan ajar IPS bagi siswa kelas VIII ini menggunakan alur penelitian pengembangan Borg dan Gall serta desain pengembangan Assure. 3) Pembelajaran IPS menggunakan bahan ajar IPS bagi siswa SMP kelas VIII lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan modul non pengembangan di sekolah. Berdasarkan penilaian dari ahli bahasa, ahli desain modul dan ahli materi bahan ajar IPS ini memperoleh tanggapan yang baik untuk dikembangkan. Bahan ajar modul tersebut efektif dengan dibuktikan uji efektivitas melalui perbandingan nilai gain ternormalisasi menunjukkan efektivitas tinggi dengan perolehan nilai 83,38 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 66,31. Hasil rata-rata karakter kebangsaan siswa juga meningkat 10 % di kelas eksperimen dan hanya 2 % di kelas kontrol. Kata Kunci: bahan ajar modul IPS, hasil belajar dan karakter kebangsaan