EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Author: | Rusyda Maulida Khairati, 1613023038 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65371/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65371/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65371/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65371/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inquiry lesson pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMANegeri 14 Bandarlampung tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitiannya adalah siswa XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen, yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen diterapkan inquiry lesson. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group. Data penelitian dianalisis menggunakan perhitungan n-gain dan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan serta n-gain rata-rata di kelas eksperimen sebesar 0,48 (berkategori sedang). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry Lesson efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Inquiry Lesson, larutan penyangga, keterampilan berpikir kritis