IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU IPS DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

Main Author: PUJI WARAS PRIHANTO, 1623031021
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65360/1/Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65360/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65360/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65360/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini, adalah : (1) Mendiskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMAN 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah (2) Mendiskripsikan Peningkatan Kinerja Guru IPS SMAN 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah melalui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru Mata Pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah dilaksanakan melalui pengelolaan Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Manajemen Peserta Didik, Manajemen Sarana Prasarana, Manajemen Pembiayaan dan Manajemen Hubungan Masyarakat, sesuai dengan esensi Manajemen Berbasis Sekolah yaitu otonomi, fleksibilitas, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. Bahwasanya fungsi-fungsi tersebut telah terlaksana dengan baik; (2) Peningkatan kinerja guru IPS di SMAN 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah melalui implementasi MBS menunjukan peningkatan dalam hal, Penyusunan Rencana Pemebelajaran sebesar 5%, Pelaksanaan Pembelajaran 7%, Evaluasi Pembelajaran 5%. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah, Kinerja Guru