PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | AMEI APRILLIA, 1613021020 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65327/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65327/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65327/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65327/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 303 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah cause and effect. Data penelitian ini berupa data kuantitatif berupa data nilai kemampuan awal dan nilai kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh berturut-turut dengan dokumentasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan awal matematis berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandarlampung tahun pelajaran 2019/2020.