HUBUNGAN ANTARA PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 01 MESUJI TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: FEBRIONO, 1313052023
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65305/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65305/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65305/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65305/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah perilaku prososial siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan perilaku prososial pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 01 Mesuji Timur tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 87 siswa dari populasi dengan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pergaulan teman sebaya dan skala perilaku prososial. Hasil analisis data menggunakan korelasi Product Moment didapat nilai korelasi rhit= 0,543>rtab= 0,176 pada taraf signifikansi 0.05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulanpenelitian terdapat hubungan yang positif dan singnifikan antara pergaulan teman sebaya dengan perilaku prososial siswa, artinya makin baik hubungan pergaulan teman sebaya maka akan semakin baik prilaku prososial siswa. Kata kunci: bimbingan dan konseling, teman sebaya, prilaku prososial The problem in this research was students' prosocial behavior. Theaim of this research was to determine the relationship between peer association and prosocial behavior in students of XI SMA Muhammadiyah 01 Mesuji Timur in the academic year 2019/2020. The research method used was quantitative. The research sample consisted of 87 students from population with a simple random sampling technique. The data collection technique used a scale of peer association and a scale of prosocial behavior. The results of data analysis using Product Moment correlation obtained the correlation value rhit = 0.543> rtab = 0.176 at the significance level of 0.05. So Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of this research is that there was a positive and significant relationship between peer association with students' prosocial behavior.It means that the better the peer association relationship, the better the prosocial behavior of students. Keywords: guidance and counseling, peers, prosocial behavior.