EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: I GEDE ASTA AGUSTIAWAN, 1653021016
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65301/1/ABSTRAK%20I%20Gede%20Asta%20Agustiawan_1653021016.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65301/2/SKRIPSI%20FULL%20I%20GEDE%20ASTA%20A_1653021016_FKIP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65301/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20I%20GEDE%20ASTA%20A_1653021016_FKIP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65301/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Natar semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 190 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Melalui teknik cluster random sampling, terpilihlah kelas VII D sebanyak 32 siswa dan VII F sebanyak 32 siswa sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest posttest control group design. Data penelitian berupa skor kemampuan representasi matematis siswa yang diperoleh melalui tes uraian pada materi Aritmatika Sosial. Analisis data menggunakan uji-t dan uji proporsi dengan kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih dari 60% dari jumlah siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.