HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI

Main Author: INDAH AMALIA PUTRI , 1643053015
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65300/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65300/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65300/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65300/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak, kemandirian belajar peserta didik masih tergolong rendah, dan prestasi belajar peserta didik pada pelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar peserta didik, untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar peserta didik, dan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dan kemandirian belajar bersama-sama dengan prestasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode ex post facto. Populasi terdiri dari peserta didik VA dan VB dan sampel yang dipakai berjumlah 54. Teknik Sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi dan linear ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar, hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar, dan adanya hubungan perhatian orang tua dan motivasi belajar bersama-sama dengan prestasi belajar peserta didik. Kata kunci : kemandirian belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar. The problem in this research is the low parental attention to children's education, the learning independence of students is still low, and the learning achievement of students in mathematics is low. This study aims to determine the relationship between parental attention and student learning achievement, to determine the relationship between independent learning and student learning achievement, and to determine the relationship between parental attention and learning independence together with student learning achievement. The method used is the ex post facto method. The population consisted of VA and VB students and the sample used was 54. The sampling technique used was total sampling. Data collection techniques used questionnaires and documentation. Data analysis using correlation and multiple linear. The results of the analysis show that there is a relationship between parental attention and learning achievement, a relationship between independent learning and learning achievement, and there is a relationship between parental attention and learning motivation together with student learning achievement. Keywords : independent learning ,parents attention, learning achievement