PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CYCLE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI MIA PADA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI MAN 1 PRINGSEWU T.A 2019/2020
Main Author: | BARIROTUL AZIZAH , 1613033030 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65286/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65286/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65286/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65286/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe cycle learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIA MAN 1 Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIA MAN 1 Pringsewu dengan jumlah 101 siswa, sedangkan yang menjadi sampel penelitian yaitu menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen ( XI MIA 1) dan kelas kontrol (XI MIA 2) yang diambil dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Pengambilan data menggunakan teknik-teknik wawancara dan teknik tes. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yang berbentuk tes objektif (pilihan ganda). Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe cycle learnin memperoleh rata-rata yang lebih besar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran cycle learning memberikan dampak positif yang lebih besar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIA MAN 1 Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Cycle Learning, kognitif. This study aims to determine whether or not there is a difference in the average cognitive learning outcomes of students who use the cycle learning cooperative learning model on the cognitive learning outcomes of XI MIA MAN 1 Pringsewu, Pringsewu Regency, Year 2019/2020. The research method used in this research is a quasi-experimental research with a nonequivalent control group research design. The population in this study were all students of XI MIA MAN 1 Pringsewu with a total of 101 students, while the sample of the study used two classes as the experimental class (XI MIA 1) and the control class (XI MIA 2) which were taken using purposive sampling technique. Collecting data using interview techniques and test techniques. The instrument in this study was a test in the form of an objective test (multiple choice). Hypothesis testing in this study uses the t-test formula. The results showed that the learning outcomes using the cooperative learning model type cycle learnin obtained a better average than conventional learning. The cycle learning learning model has a greater positive impact on the cognitive learning outcomes students of XI MIA MAN 1 Pringsewu, Pringsewu Regency, 2019/2020 Academic Year. Keywords: Learning Outcomes, Cycle Learning, cognitive.