PENGARUH CIRCUIT TRAINING A DAN CIRCUIT TRAINING B TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TALANG KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019/2020

Main Author: WAHYUNI HARTATI, 1613051003
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65282/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACK%29.pdf.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65282/2/SKRIPSI%20FULL.pdf.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65282/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65282/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH CIRCUIT TRAINING A DAN CIRCUIT TRAINING B TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TALANG KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019/2020 Oleh WAHYUNI HARTATI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani setelah diberikan perlakuan circuit training A dan circuit training B. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan desain penelitian pre-test dan post-test, sampel berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen dengan teknik ordinal pairing. Instrument yang digunakan adalah TKJI untuk usia 10-12 tahun. Hasil penelitian ini: 1) Circuit A, rhitung 0,908 > rtabel 0,3610 dengan α = 0,05, N= 30 ada pengaruh yang signifikan. 2) Circuit B, rhitung 0,8903> rtabel 0,3610 dengan α = 0,05, N= 30 ada pengaruh yang signifikan. 3) Uji beda dengan thitung 2,08 > ttabel 1,671 α = 0,05, N= 60 ada perbedaan. Maka circuit training A lebih baik dalam meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa. Kata kunci: circuit training, tingkat kebugaran jasmani. ABSTRACT THE EFFECT OF CIRCUIT TRAINING A AND CIRCUIT TRAINING B ON THE LEVEL OF PHYSICAL FITNESS OF FIFTH GRADE STUDENTS OF PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL 3 TALANG SOUTH TELUK BETUNG SUB-DISTRICT BANDAR LAMPUNG CITY IN 2019/2020 By WAHYUNI HARTATI The purpose of this research is to determine the level of physical fitness after being treated with circuit training A and circuit training B. The research method was a quasi-experimental method, with a pretest and posttest research design, the sample consisted of 60 students that were divided into two experimental groups with ordinal pairing technique. The instrument used was TKJI for ages 10-12 years. The results of this research are: 1) Circuit A, rcount 0.908 > rtable 0.3610 with α = 0.05, N = 30 there was a significant. 2) Circuit B, rcount 0.8903> rtable 0.3610 with α = 0.05, N = 30 there was a significant. 3) t test with tcount 2.08 > ttable 1.671 α = 0.05, N = 60 there is a difference. So circuit training A was better at improving physical fitness of fifth grade students. Keywords: circuit training, physical fitness level.