PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (Kuasi Eksperimen Materi Pokok Plantae Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Purbolinggo)

Main Author: FADILA TANTRI SUKMAWATI, 1613024009
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS FKIP , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65266/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65266/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65266/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65266/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (Kuasi Eksperimen Materi Pokok Plantae Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Purbolinggo) Oleh FADILA TANTRI SUKMAWATI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berkomunikasi lisan dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pokok Plantae. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunkan lembar pretest-posttest dan lembar observasi aktivitas berkomunikasi lisan peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik dianalisis secara deskriptif, sedangkan nilai pretest-postest dan N-Gain dianalisis dengan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria rata-rata nilai keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 82,05 (Sangat Baik) dan 69,72 (Baik) untuk kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pretest-posttest pada kelas eksperimen adalah 0,50 (Sedang) dan kelas kontrol adalah 0,30 (Rendah) dengan Sig. (2-tailed) t-hit < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berkomunikasi lisan dan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci: Keterampilan Berkomunikasi Lisan, Plantae, Hasil Belajar Kognitif, Problem Based Learning.