PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI SMA PANGUDI LUHUR BANDAR LAMPUNG
Main Author: | KRISTIN WIDYA UTAMA , 1313043019 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65218/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65218/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65218/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65218/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter adalah sebuah usaha sadar untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan dan potensi dan pembudayaan peserta didik guna membangun karakter pribadi atau untuk sebagai seorang warga. Penelitian mengkaji tentang bagaimana Penguatan Pendidikan karakter pada pembalajaran Tari Muli siger di SMA pangudi luhur Bandar Lampung”. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat penguatan pendidikan karater yang diterapkan dari ragam gerak tari muli siger. Teori konstrutivisme digunakan untuk melihat proses proses pembalajaran tari muli siger. Penelitian ini menggunakan metode langsung dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan dan menjelaskan masalah yang diteliti. Sumber data pada penelitian ini dari guru pada dua puluh dua peserta didik . Data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data. Penelitian ini menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw.. Hasil dari pembelajaran tari muli siger akan meningkatkan pendidikan karakter pada peserta didik. Kata kunci : Pembelajaran, Pengutan Pendidikan Karakter, Tari muli siger Character education is a conscious effort to create an atmosphere and process of empowerment and potential and to cultivate students in order to build personal character or to become a citizen. This study examines how to strengthen character education in the Muli Siger dance lessons at Pangudi Luhur Bandar Lampung High School ". The purpose of this study is to see the strengthening of character education that is applied from the variety of movements in the Muli Siger dance. Construtivism theory is used to see the process of teaching the muli siegr dance. This research uses a direct method with the type of qualitative descriptive research that describes and explains the problem under study. The data source in this study was from the teacher to twenty-two students. The data is done by observation, interview and documentation. Then performed data analysis. This study uses a cooperative type of jigsaw method. The results of learning the Muli Siger dance will improve character education in students. Keywords: Learning, Teaching Character Education, Muli Siger Dance