PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW PADA SISWA SMP KELAS IX
Main Author: | WILDAN AMADI, 1823041011 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65130/1/a.ABSTRAK%20fiks.docx http://digilib.unila.ac.id/65130/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65130/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65130/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW PADA SISWA SMP KELAS IX Oleh Wildan Amadi Rendahnya pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek pada peserta didik Kelas IX.4 SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas IX.4 SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek melalui penerapan model pembelajaran tipe jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Tempat penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Siklus I, siklus II, dan Siklus III melalui penerapan model pembelajaran tipe jigsaw. siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rencana pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran tipe jigsaw pada peserta didik kelas IX.4 SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Perencanaan pembelajaran pada kondisi awal adalah 70 dalam kategori baik, siklus I 74 dalam kategori baik, siklus II 83 dalam kategori sangat baik, siklus III 94 dalam kategori sangat baik; (2) pelaksanaan pembelajaran pada kondisi awal 66 dalam kategori baik, siklus I 74 dalam kategori baik, siklus II 82 dalam kategori sangat baik, siklus III 94 dalam kategori sangat baik; (3) rata-rata peningkatan kualitas pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek peserta didik kelas IX.4 SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo pada kondisi awal adalah 62,76 dalam kategori cukup baik, siklus I 74,4 dalam kategori baik siklus II 80,36 dalam kategori sangat baik, siklus III 95,9 dalam kategori sangat baik. (4) kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, baik dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran dari mulai kondisi awal, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan. Kata Kunci: Penelitian tindakan kelas, Unsur intrinsik cerpen, Model pembelajaran tipe jigsaw, Sekolah Menengah Pertama. ABSTRACT IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING TO IDENTIFY SHORT STORY INTRINSIC ELEMENTS THROUGHTHE APPLICATION OFLEARNING MODEL TYPEJIGSAWAT NINE GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL By: Wildan Amadi The low level learning identify the intrinsic elements of short story in students class IX.4 at SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo academic year 2019/2020. This study aim to improve the learning quality students class IX.4at SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo academic year 2019/2020 in identifying the intrinsic elements of short story through the application of Jigsaw type learning model. The type of research used Classroom Action Research (CAR) which is conducted in three cycles. Place of research at SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Cycle I, cycle II, and cycle III through the application of the jigsaw type learning model. The cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The results of this study indicate that (1) the learning plan through the application of jigsaw type learning model for students class IX.4 of SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Learning planning in the preliminary was 70 in the good category, the first cycle was 74 in the good category, the second cycle was 83 in the very good category, the third cycle was 94 in the very good category; (2) the implementation of learning in the first conditions was 66 in good category, cycle I was 74 in good category, cycle II was 82 in very good category, cycle III was 94 in very good category; (3) the average increase the quality of learning identify intrinsic elements of the students' short story class IX.4 SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo in the first conditions was 62.76 in the fairly good category, 74.4 in the first cycle in the good category, the second cycle was 80.36 in category very good, cycle III was 95.9 in very good category. (4) learning activities as a whole, both from lesson planning, learning implementation, and learning assessment from the first conditions, cycle I, cycle II, and cycle III have increased. Keywords: classroom action research, intrinsic elements of short story, jigsaw type learning model, junior high school.