PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KONVERSI ENERGI PANAS-LISTRIK UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: KARINA WIJAYA, 1613022035
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65107/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65107/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65107/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65107/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan dan mendeskripsikan dapatkah LKPD menstimulus keterampilan berpikir kritis siswa berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Konversi Energi Panas-Listrik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Developmentatau penelitian pengembangan. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian ADDIE. Data pada penelitian ini diperoleh melalui analisis penyebaran angket kebutuhan, skala penilaian uji ahli serta rubrik penilaian uji kelompok kecil. Hasil uji validitas LKPD yang dikembangkan menunjukkan rata-rata skor 3,49 untuk uji ahli materi dan 3,5 untuk uji ahli desain sehingga secara kualitatif dapat dikatakan sangat valid. Analisis penilaian keterampilan berpikir kritis menunjukkan rata-rata skor 3,61 untuk penilaian ahli berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis dan persentase rata-rata sebesar 78,6% yang terkategori baik untuk penilaian pengerjaan LKPD pada uji kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Konversi Energi Panas-Listrik telah valid dan dapat menstimulus keterampilan berpikir kritis sesuai dengan penilaian uji ahli berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: LKPD, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis