ANALISIS PENDAPATAN, RISIKO USAHATANI DAN PEMASARAN CABAI DI KECAMATAN SIDOMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
Main Author: | SITI ANYZAH, 1314131103 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS PERTANIAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65100/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65100/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65100/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65100/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar nya pendapatan, risiko usahatani dan pemasaran cabai. Pengambilan data dilakukan di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan dari bulan April – Mei 2018. Jumlah responden adalah 35 petani responden, 4 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar dan 6 pedagang pengecer. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis usahatani yang dilihat dari biaya produksi, risiko usahatani dan pemasaran, sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui struktur pasar, perilaku pasar dan keragaan pasar. Hasil penelitian menunjukan Pendapatan atas biaya tunai usahatani cabai sebesar Rp 56.850.138,46 per hektar dan pendapatan atas biaya total sebesar Rp 101.021.441,85 perhektar. Nilai (R/C) atas biaya tunai sebesar 2,17 dan (R/C) atas biaya total sebesar 1,98. Risiko produksi menghasilkan nilai CV yaitu sebesar 0,97 artinya CV>0,5 dan nilai batas bawah (L) sebesar -120,50. Risiko harga menghasilkan nilai CV yaitu sebesar 0,64 artinya CV>0,5 dan nilai batas bawah (L) sebesar -2.520,39 sedangkan risiko pendapatan menghasilkan nilai CV 0,59 artinya CV>0,5 dan nilai batas bawah (L) sebesar -28.612.266,12. Terdapat tiga tipe saluran pemasaran usahatani cabai. Petani – konsumen; petani - pedagang pengumpul - pedagang pengecer – konsumen; petani - pedagang besar - pedagang pengecer - konsumen. Kata kunci : cabai, pendapatan, risiko This study aims to determine the size of the risk income for farming and marketing of chilies. Data were collected in Sidomulyo Subdistrict, South Lampung Regency from April - May 2018. The number of respondents in this study were 35 respondent farmers, 4 collecting traders, 1 wholesaler and 6 retailers. The data analysis methods used are qualitative and quantitative methods. Quantitative analysis is used to analyze farming in terms of production costs, farm risk and marketing, while qualitative analysis is used to determine market structure, market behavior and market performance. The results showed that the income from cash costs of chili farming was IDR 56,850,138.46 per hectare and the total income was IDR 101,021,441.85 per hectare. The value (R / C) of cash costs is 2.17 and (R / C) of total costs is 1.98. Production risk results in a CV value of 0.97, which means CV> 0.5 and a lower limit value (L) of -120.50. Price risk produces a CV value of 0.64, which means CV> 0.5 and a lower limit value (L) of -2.520.39, while the income risk results in a CV value of 0.59 meaning CV> 0.5 and a lower limit value (L) amounting to -28,612,266.12. There are three types of marketing channels of chili farming,farmers - consumers;. farmers - collectors - retailers – consumers; and farmers – wholesalers - retailers - consumers. Key words: chili, income, risk