STUDI KOMPARATIF KETERAMPILAN SOSIAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN PALANG MERAH REMAJA (PMR) DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL SISWA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG
Main Author: | DESTI YUNIATUN, 1313031096 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65079/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65079/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65079/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65079/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR) dengan memperhatikan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal siswa SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan Palang merah Remaja (PMR) di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang masing-masing terdiri dari 40 dan 40 siswa, sehingga total populasi berjumlah 80 siswa dengan sampel yakni semua anggota populasi (sampling jenuh). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif-komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Analisis Varians Dua Jalan dan T-Test Dua Sampel Independen. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) pada siswa SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Kata kunci: Keterampilan Sosial, Ekstrakurikuler Pramuka, Ekstrakurikuler PMR, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal