PROSES PENANAMAN NILAI CINTA TANAH AIR DALAM PEMBELAJARAN TARI TUPPING DI SANGGAR PESONA BUDAYA BANDAR LAMPUNG
Main Author: | M. ARIE ZAINUN NAJIB, 1313043023 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65076/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65076/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65076/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65076/ |
Daftar Isi:
- Penelitian mengkaji tentang Proses Penanaman Nilai Cinta Tanah Air dalam pembelajaran Tari Tupping bertujuan untuk mendeskripsikan Proses Penanaman Nilai Cinta Tanah Air dalam pembelajaran Tari Tupping. Teori pembelajaran behaviorisme digunakan karena lebih menekankan pada perubahan tingkah laku seseorang berdasarkan stimulus dan respon. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilihat berdasarkan pengolahan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitiannya berupa data observasi dan wawancara dari pembina, pelatih, dan tiga peserta didik laki-laki Sanggar Pesona Budaya Bandar Lampung. Proses pembelajaran menggunakan langkahlangkah metode demonstrasi. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan, menyiapkan bahan atau alat yang ingin digunakan, menunjuk salah seorang peserta didik untuk mendemonstrasikan sesuai skenario yang telah diciptakan, seluruh peserta didik memperhatikan demonstrasi dan menganalisisnya, tiap peserta didik mengemukakan hasil analisis dan demonstrasikan pengalaman, guru dan peserta didik membuat suatu kesimpulan, penutup. Hasil pembelajaran mendapatkan kategori baik. Kata Kunci: Pembelajaran, Tari Tupping, Metode Behaviorisme.