TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN MAKANAN PRODUK AYAM BAKAR ABMJ MELALUI E-COMMERCE GOJEK DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Main Author: Destia Rahmasanti, 1614131045
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS PERTANIAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64962/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64962/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64962/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64962/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik konsumen, tahapan pengambilan keputusan, dan kepuasan konsumen terhadap pembelian ayam bakar ABMJ melalui e-commerce Gojek di Kota Bandar Lampung. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan jumlah konsumen sebanyak 65 orang. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen rumah makan ABMJ yang membeli melalui Gofood sebagian besar wanita lajang yang berusia 19-24 tahun, berpendidikan terakhir S1, dan pendapatan sebesar Rp2.600.000,00-Rp3.500.000,00 per bulan. Proses pengambilan keputusan dilakukan konsumen melalui pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan evaluasi pasca pembelian. Kemudahan pembelian mendorong konsumen melakukan pembelian melalui Gofood dan mengonsumsi ayam bakar ABMJ untuk makanan sendiri. Konsumen memperoleh sumber dan informasi melalui teman yang pernah mengonsumsi ayam bakar ABMJ. Dalam melakukan pembelian harga dan iklan yang ada pada fitur Gofood sangat dipertimbangkan oleh konsumen. Konsumen melakukan pembelian tergantung keadaan, tidak ada perencanaan sebelumnya dengan frekuensi pembelian lebih dari 3 kali dalam 3 bulan terakhir. Konsumen merasa puas dan tetap akan membeli walaupun harga ayam bakar ABMJ naik. Nilai CSI yang didapatkan sebesar 79,22 persen yang berarti konsumen merasa puas secara keseluruhan. Berdasarkan analisis IPA, atribut yang perlu diperbaiki yaitu kejelasan informasi, kejelasan foto produk, waktu pengiriman, dan keamanan dalam menjaga kerahasiaan identitas konsumen perlu ditingkatkan. Kata kunci : CSI, IPA, kepuasan, pengambilan keputusan