PEMBELAJARAN TATA RIAS WAJAH TARI MULI SIGER DALAM EKSTRAKURIKULER SMP PGRI 1 JABUNG LAMPUNG TIMUR

Main Author: PUTRI AULIA SANI, 1313043031
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64934/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64934/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64934/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64934/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana teknik tata rias wajah yang diajarkan oleh guru dalam pembelajaran tata rias wajah tari muli siger yang di selenggarakan di SMP PGRI 1 Jabung Lampung Timur. Kegiatan pembelajaran teknik tata rias wajah ini berlandaskan dengan teori behaviorisme, yaitu hubungan antara stimulus respon dan perubahan tingkah laku. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang akan menggambarkan dan menjelaskan teknik tata rias wajah tari muli siger. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data,penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pembelajaran tata rias wajah tari muli siger dilakukan dengan pengenalan alat dan bahan, serta pemberian materi berupa teknik rias korektif (corrective makeup) yakni dengan menerapkan teknik shading (memberi bayangan gelap) dan tinting ( memberi bayangan terang) dari base makeup yang di aplikasikan yaitu rias cantik dengan mempertebal garis garis pada mata, bibir, pipi, dan hidung dengan menekankan prinsip koreksi bentuk wajah dengan menyamarkan bentuk dan bagian wajah yang kurang sempurna dan menonjolkan bagian bagian yang sudah indah. Kata kunci : Tata rias wajah, Pembelajaran, Tari muli siger. This research was to study the face make up technique as it was taught by teachers in Muli Siger dance learning in PGRI 1 junior high school in Jabung of East Lampung district. This face making up learning activity was based on behaviorism theory that correlates the response stimulus to behavioral change. This was a descriptive qualitative research to describe Muli Siger dance face make up technique. Data were collected with observations, interviews, documentations and practicing test, and data were analyzed by using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. This Muli Siger dance face make up was done by introducing tools and materials, and material delivery in form of corrective make up by applying shading and tinting technique from base of face make up such as making thick line in the eye lines, making up lips, cheeks, and nose by emphasizing the principle of correction for face form to make up parts of face that were less perfect and to emphasize other more beautiful parts. Keywords : face make up, learning, Muli Siger dance