PEMBELAJARAN GERAK TARI SIGEH PENGUTEN TERHADAP PERKEMBANGAN GERAK DASAR ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II KEDATON BANDAR LAMPUNG

Main Author: GADIS ADINDA , 1313043014
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64930/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64930/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64930/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64930/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran gerak tari sigeh penguten terhadap perkembangan gerak dasar anakusia dini, dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran gerak tari sigeh penguten terhadap perkembangan gerak dasar anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kedaton Bandar Lampung. Metode dalam peneitian ini menggunakan metode jenis deskriptif kualitatif yang aka nmenggambarkan dan menjelaskan masalah yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini di peroleh dari data guru dansiswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lemba rpengamatan tes praktik, lembar pengamatan aktivitas belaja rsiswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. Data yang diperoleh dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil yang di peroleh dari proses pembelajaran gerak tari sigeh penguten yaitu, system motorik, lokomotor, non lokomotor dan gerak manupulatif siswa dapat berkembang ketika gerak dasartari sigeh penguten dibuat lebih sederhana. Kata Kunci: AnakUsiaDini, GerakDasar, TariSigehPenguten The formulation of the problem in this study is how the process of learning the movement of the sigehpenguten dance on the development of basic movements of early childhood, with the aim of describing how the process of learning the movement of the sigehpenguten dance on the development of basic movements of early childhood in TK AisyiyahBustanulAthfal II Kedaton Bandar Lampung. The method in this research uses a qualitative descriptive type method that will describe and explain the problem under study. Sources of data in this study were obtained from teacher and student data. The research instrument used was the practice test observation sheet, student learning activity observation sheet and teacher activity observation sheet.The data obtained were carried out by means of observation, interviews and documentation then carried out data analysis, data presentation and data verification.The results obtained from the learning process of the sigehpengutendance, namely, the motor system, locomotor, non-locomotor and manipulative movements of students can develop when the basic movements of the sigehpengutendance are made simpler. Keywords: Early Childhood, Basic Motion, SigehPenguten Dance