Implementasi Pengembangan Moral Anak Usia Dini Di TK Islam Al Azhar 49 Bandar Lampung
Main Author: | Dhea Ananda Septiana, 1613054003 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64922/1/abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/64922/2/skripsi%20dhea%20full.pdf http://digilib.unila.ac.id/64922/3/skripsi%20tanpa%20pembahasan.pdf http://digilib.unila.ac.id/64922/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL AZHAR 49 BANDAR LAMPUNG Oleh DHEA ANANDA SEPTIANA Perkembangan moral merupakan aspek yang sangat penting dan mendasar sebagai tonggak awal seseorang untuk menjalankan kehidupannya dalam bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan moral anak usia dini di TK Islam Al Azhar 49 Bandar Lampung yang difokuskan pada program pengembangan moral, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa program pengembangan moral telah direncanakan secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip Islami, sedangkan pelaksanaan pembelajaran telah dilakukan secara berkesinambungan dan mengacu pada program yang telah direncanakan, serta evaluasi yang telah dilakukan secara berkala dari evaluasi perencanaan hingga evaluasi pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: anak usia dini, guru, moral. ABSTRACT IMPLEMENTATION OF EARLY CHILDHOOD MORAL DEVELOPMENT AT AL AZHAR ISLAMIC KINDERGARTEN 49 BANDAR LAMPUNG By DHEA ANANDA SEPTIANA Moral development is a very important and fundamental aspect as a milestone for a person to live his life in society. This research aims to describe the implementation of early childhood moral development in Al Azhar 49 Bandar Lampung Islamic Kindergarten focused on moral development programs, learning implementation, and learning evaluation. This study uses a descriptive qualitative approach. Data collection is done through interview techniques, observations, documentation and field records. Data analysis is done using the Miles and Hubberman models. The results of the research showed that moral development programs have been systematically planned based on Islamic principles, while the implementation of learning has been carried out continuously and refers to the programs that have been planned, as well as evaluations that have been carried out periodically from planning evaluations to evaluations of learning implementation. Keywords: early childhood, moral, teacher.