PERAN GURU EKSTRAKURIKULER DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN DI SMP NEGERI 1 TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN
Main Author: | RIMA DESTIA, 1513043020 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64885/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64885/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64885/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64885/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru ekstrakurikuler dalam pembelajaran tari sigeh penguten pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Tanjung Sari. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dan kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori behavioristik. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian dari peran guru ekstrakurikuler dalam menerapkan pembelajaran tari sigeh penguten di SMP Negeri 1 Tanjung Sari Lampung Selatan menunjukan bahwa guru ekstrakurikuler menjalankan 12 dari 13 peran guru yang harus dijalankan dalam kegiatan mengajar, yaitu peran guru sebagai korektor yaitu guru menilai dan mengoreksi, inspirator yaitu memberikan inspirasi, informator memberikan informasi tari sigeh penguten, motivator yaitu memberi motivasi, inisiator yaitu memberi ide, fasilitator yaitu menyediakan fasilitas, pembimbing yaitu mengarahkan, demonstrator dengan guru memeragakan, pengelola kelas dengan guru yang menunjang kelas, mediator yaitu guru mengatur pembelajaran, supervisor yaitu membantu pembelajaran dan evaluator yaitu guru menilai pengajaran. Kata kunci: Peran Guru, Pembelajaran, Tari Sigeh Penguten