PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: AMELIA ZAHRA, 1613053003
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64881/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64881/2/SKRIPSI%20FULL%20AMELIA%20ZAHRA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64881/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20AMELIA%20ZAHRA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64881/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh AMELIA ZAHRA Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 8 Gedong Air Bandar Lampung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain pre experimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian berjumlah 44 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, berjumlah 22 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan lembar aktivitas peserta didik, hipotesis di uji dengan uji T dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika sesudah diterapkannya media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 8 Gedong Air dan ada pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci : hasil belajar, media realia, pembelajaran matematika. ABSTRACT THE EFFECT OF USING REALIA MEDIA ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOME OF THE 5TH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL By AMELIA ZAHRA The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of the 5th grade of SD Negeri 8 Gedong Air, Bandar Lampung. The purpose of research is to determine the effect of using realia media on mathematics learning outcomes. The research is experimental with pre-experimental design in the form of One Group Pretest-Posttest. The population of the study is 44 students consists of 22 students selected through random sampling technique. The data is collected using test and student activity sheet. Hypothesisis tested with T test and Simple linear regression. Based on the results, it is showed that there are differences in mathematics learning outcomes after the application of realia media on the 5th grade of SD Negeri 8 Gedong Air students and there is an effect of using realia media on mathematics learning outcomes. Keywords: learning outcomes, mathematics learning, realia media.