PENGARUH SELF-EFFICACY DAN SENSE OF COMMUNITY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGi SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI BERBANTUAN SCHOOLOGY
Main Author: | ARFIYAN CHARLES MANIHURUK, 1653022003 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64868/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64868/2/Skripsi%20Full.pdf http://digilib.unila.ac.id/64868/3/Skripsi%20tanpa%20pembahasan.pdf http://digilib.unila.ac.id/64868/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Efficay dan Sense of Community terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran materi hukum newton tentang gravitasi berbantuan Schoology. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Xaverius Pringsewu. Pemilihan sample penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 berjumlah 49 Siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Data diuji dengan uji regresi linier tunggal dan linier berganda. Hasil uji regresi linier tunggal HOTS dengan SE koefisien korelasi sebesar 0,035 sehingga keduanya tidak memiliki hubungan yang signifikan. HOTS dengan SC koefisien korelasi sebesar 0,013 sehingga keduanya tidak memiliki hubungan yang signifikan. Uji regresi berganda hasil analisis regresi di atas menunjukkan harga koefisien determinasi sebesar 0,003. Nilai tersebut berarti bahwa 0,3% perubahan pada variabel Higher Order Thinking Skills (HOTS) dapat ditentukan oleh SE dan (SC) sedangkan 99,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini menujukkan bahwa tidak terdapat hubungan positif dan tidak signifikan antara pembelajaran blended learning berbantuan schoology terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dilihat dari self-effcacy siswa dan sense of community Kata Kunci: Blended Learning, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Self Efficay (SE), Sense of Community (SC)