PENGEMBANGAN INSTRUMEN TIPE SOAL PILIHAN JAMAK (MULTIPLE CHOICE) BERALASAN PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: URSELLA OKTARIANI, 1613022022
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64858/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64858/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64858/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64858/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen tes mengukur kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika SMA yang valid. Instrumen yang dikembangkan berupa soal tipe pilihan jamak (multiple choice) beralasan yang valid pada materi gerak lurus. Model pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis ini diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analisis kebutuhan, desain instrumen yang dikembangkan, proses pengembangan instrumen, implementasi dan evaluasi instrumen yang dikembangkan. Instrumen yang dikembangkan menggunakan indikator berpikir tingkat tinggi taksonomi bloom yaitu menganalisis (C4), evaluasi (C5), dan mencipta (C6). Instrumen tes yang telah dikembangkan diuji kevalidannya oleh dua dosen ahli pada aspek bahasa, konstruk dan materi, serta satu guru fisika SMA. Hasil data yang diperoleh dari hasil uji ahli yaitu diperoleh nilai rata-rata aspek materi yaitu sebesar 79,94; aspek konstruk sebesar 78,25; dan aspek bahasa sebesar 77,51; dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 78,57 yang berarti instrumen yang dikembangkan valid dengan revisi kecil dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus. Hasil uji keterbacaan pada instrumen berpikir kritis yang diuji kepada tujuh siswa SMA diperoleh data kesesuaian materi diperoleh nilai 4,4; nilai keterbacaan 4,5; penggunaan kesesuaian bahasa bernilai 4,47; kemenarikan instrumen bernilai 4,5. Disimpulkan bahwa pertanyaan, gambar, simbol, dan grafik pada instrumen yang dikembangkan terkategorikan sangat baik sehingga dapat dipahami dan dibaca serta instrumen dapat digunakan sebagai alat evaluasi atau alat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Kata kunci: instrumen tes, kemampuan berpikir kritis.