Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Ipa Sekolah Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Smp Negeri 16 Bandar Lampung

Main Author: SITI HEDIYANTI, 1413024070
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64809/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64809/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64809/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64809/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektivitas pemanfaatan laboratorium IPA sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Negeri 16 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi klasifikasi makhluk hidup. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII B dan VII E yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini kuasi eksperimen dengan Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa nilai hasil belajar IPA peserta didik yang diperoleh dari hasil pretes dan postes. Sementara data kualitatif berupa hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran melalui pemanfaatan laboratorium IPA sekolah. Kemudian dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5% menggunakan bantuan program SPSS 16.0. Data kualitatif menggunakan data tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pemanfaatan laboratorium IPA sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA peserta didik dengan nilai signifikansi 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran melalui pemanfaatan laboratorium IPA sekolah memiliki persentase persentase rata-rata 86,9%. Kata Kunci: Pemanfaatan Laboratorium IPA, Klasifikasi Makhluk Hidup, Hasil Belajar IPA.