PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN SIMPLE HARMONIC MOTION BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Main Author: FIRDA DWI FATMALA, 1613022056
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64803/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64803/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64803/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64803/
Daftar Isi:
  • Aplikasi Phyphox dalam pembelajaran gerak harmonis dapat mencatat posisi benda pada waktu tertentu yang lebih presisi dan akurat, sehingga membantu siswa menemukan konsep untuk melatihkan siswa berpikir kreatif dalam menghasilkan banyak solusi penyelesaian masalah yang bersifat orisinil pada kegiatan eksperimen fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi Phyphox pada pembelajaran Simple Harmonic Motion berbasis Guided Inquiry Laboratory terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Pembelajaran dilakukan dengan melakukan kegiatan praktikum ayunan sederhana berbantuan aplikasi Phyphox berbasis Guided Inquiry Laboratory. Data kemapuan berpikir kreatif siswa diperoleh mengguanakan Tes (pretest-posstest). Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunan Uji Paired Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian memperoleh skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif mengalami kenaikan sebesar 44% dengan rata-rata N-gain sedang yaitu 0,66 dengan nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05. Berdasaran hasil uji yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan aplikasi Phyphox sehingga pembelajaran Simple Harmonic Motion pada ayunan sederhana berbantuan aplikasi Phyphox dapat melatihkan kemampuan berpikir kreatif dengan baik.