PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Main Author: | RIZKY FITRI YANTI, 1313021076 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64700/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64700/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64700/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64700/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020) Oleh RIZKY FITRI YANTI Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 180 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas yaitu kelas VIII A sampai dengan kelas VIII F. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 30 siswa dan VIII C sebanyak 29 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-t) diperoleh bahwa peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, pengaruh, representasi matematis