ANALISIS PREFERENSI DAN KEPUASAN KONSUMEN KOBAR GRILL DI KEDATON BANDAR LAMPUNG

Main Author: MARDA PURNANDA, 1414051060
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS PERTANIAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64650/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64650/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64650/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64650/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen , kinerja atribut-atribut dan tingkat kepuasan konsumen pada restoran Kobar Grill di Kedaton Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode survei perilaku dan kepuasan konsumen terhadap 80 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif, Importance Performance Analysis, dan Customer Satisfication Index. Hasil survey profil konsumen memperlihatkan sebagian besar konsumen Kobar Grill berjenis kelamin perempuan (66,25%) dengan usia dominan 20-24 tahun (62,5%). Faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian produk Kobar Grill yaitu pengenalan kebutuhan dengan indikator motivasi tertinggi adalah atribut cepat tersaji sebanyak (44% responden) dan manfaat rasanya yang enak sebanyak (44% responden). Hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA) memperlihatkan atribut-atribut produk Kobar Grill yang termasuk dalam prioritas utama (Kuadran I) terdapat 2 atribut yaitu penampilan produk dan kenyamanan tempat. Atribut-atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya yaitu atribut bumbu, higienitas dan keramahan dalam pelayanan. Pada (Kuadran II) ini harus dipertahankan oleh pihak Kobar Grill karena konsumen sudah merasa puas dari atribut-atribut tersebut. Hasil analisis Costumer Satisfaction Index (CSI) bahwa konsumen merasa cukup puas dengan hasil perhitungan CSI menunjukkan nilai sebesar (78,90%). Kata Kunci : Costumer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Kobar Grill. ABSTRACT This study aims to determine consumer preferences, performance attributes and level of customer satisfaction at the Kobar Grill restaurant in Kedaton Bandar Lampung. The study used a survey method of consumer behavior and satisfaction with 80 respondents. Data collection used questionnaires, while data analysis used descriptive analysis, Importance Performance Analysis, and the Customer Satisfication Index. The results of the consumer profile survey show that most of Kobar Grill consumers are female (66.25%) with a dominant age of 20-24 years (62.5%). Factors that influence the decision to purchase Kobar Grill products, namely the introduction of needs with the highest motivational indicators are the attributes of being served quickly (44% of respondents) and the benefits of good taste (44% of respondents). The results of the Importance Performance Analysis (IPA) analysis show that Kobar Grill product attributes are included in the main priority (Quadrant I), there are 2 attributes, namely product appearance and place comfort. The attributes that need to be maintained are the attributes of spices, hygiene and friendliness in service. In (Quadrant II), Kobar Grill must defend it because consumers are satisfied with these attributes. The results of the Customer Satisfaction Index (CSI) analysis show that consumers are quite satisfied with the CSI calculation results showing a value of (78.90%) .Key words: Costumer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Kobar Grill.