PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN TUMBUKAN BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: ASIA ANIS LASIA, 1613022055
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64645/1/ABSTRAK%20.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64645/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64645/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64645/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN TUMBUKAN BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Oleh Asia Anis Lasia Aplikasi phyphox memanfaatkan sensor smartphone merekam track objek yang bergerak untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan sensor smartphone dengan aplikasi phyphox pada pembelajaran fisika berbasis inkuiri laboratorium terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 32 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Pembelajaran dilakukan dengan kegiatan praktikum tumbukan berbantuan aplikasi phyphox berbasis inkuiri laboratorium terbimbing. Data kemampuan Asia Anis Lasia berpikir kritis siswa diperoleh dengan teknik tes tertulis. Teknik analisis data kemampuan berpikir kritis menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kemampuan berpikir kritis mengalami kenaikan sebesar 35% dengan rata-rata N-Gain 0,59 yang menunjukkan dalam kategori sedang. Serta nilai signifikan uji Paired Sample T-test < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil tersebut menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan aplikasi phyphox pada pembelajaran fisika berbasis inkuiri laboratorium terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Kata kunci: inkuiri laboratorium terbimbing, kemampuan berpikir kritis, phyphox, tumbukan.