ANALISIS BAURAN PEMASARAN (Marketing Mix) KERIPIK PISANG DI SENTRA INDUSTRI KERIPIK KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus pada Agroindustri Askha Jaya)

Main Author: ERINDA PRADINI, 1614131010
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS PERTANIAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64627/1/1.%20ABSTRAK%20%28ABSTRAK%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64627/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64627/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64627/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran yang diterapkan dalam kegiatan pemasaran dan mempelajari kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan bauran pemasaran serta menganalisis bauran pemasaran yang sebaiknya dilakukan oleh agroindustri keripik pisang “Askha Jaya Keripik Lampung”. Penelitian ini merupakan studi kasus yang pengambilan datanya dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari tahun 2020 di Sentra Industri Keripik Kota Bandar Lampung. Data penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang dilakukan Agroindustri Askha Jaya menghasilkan tiga jenis produk keripik pisang yaitu irisan, bulat dan melted. Untuk menentukan harga jual digunakan cost plus pricing method, sedangkan untuk saluran distribusi digunakan dua saluran dan promosi yang dilakukan melalui personal selling, promosi penjualan, serta periklanan dan publisitas. Kendala yang dihadapi yaitu ketersediaan produk yang diakibatkan oleh kelangkaan bahan baku, terhambatnya proses pelayanan terhadap konsumen, waktu pengiriman produk dan pengambilan gambar tanpa izin pada pemesan online. Bauran pemasaran yang sebaiknya dilakukan adalah mengurangi ukuran berat produk saat terjadi kelangkaan bahan baku; penambahan label harga pada toko penjualan; dan perlu adanya sanksi bagi pihak-pihak yang tak bertanggungjawab pada pemasaran online. Kata kunci: agroindustri, bauran pemasaran, keripik pisang