PENGARUH PENGGUNAAN BUKU SUPLEMEN SISWA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING MATERI FLUIDA DINAMIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF

Main Author: Herwin Saputra, 1313022030
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64588/1/ABSTRAK%20HERWIN%20SAPUTRA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64588/2/SKRIPSI%20FULL%20HERWIN%20SAPUTRA%201313022030.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64588/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64588/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN BUKU SUPLEMEN SISWA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING MATERI FLUIDA DINAMIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF Oleh Herwin Saputra Telah dilaksanakan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku suplemen berbasis reciprocal teaching materi fluida dinamis terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan One Group Pretest and Posttest Design. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Global Madani dan SMK N 2 Mei Bandarlampung yang diambil secara cluster random sampling, yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Global Madani dan XI Teknik Elektro SMK N 2 Mei Bandarlampung sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian dengan poin sebesar 0,271 menggambarkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa akibat digunakannya buku suplemen berbasis reciprocal teaching materi fluida dinamis. Buku suplemen sebagai bahan ajar berpengaruh sebesar sebesar 26,17% pada kelas eksperimen I dan 33,35% pada kelas eksperimen II. Hasil uji N-Gain Penerapan buku suplemen berbasis reciprocal teaching terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 15,63% kategori tinggi dan 84,37% kategori sedang pada kelas eksperimen I serta12,12% kategori tinggi dan 87,88% pada kelas eksperimen II. Kata kunci: buku suplemen berbasis reciprocal teaching, hasil belajar siswa.