Implementasi Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Hasil Belajar Siswa
Main Author: | FITRI RESIMAINI AMINULLAH, 1613022043 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64587/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64587/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64587/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64587/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY BASED LEARNING (IBL) DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA Oleh Fitri Resimaini Aminullah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan self efficacy dan hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton. Sampel dalam penelitian yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model Inquiry Based Learning (IBL) pendekatan STEM, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan nilai skala self efficacy dan menggunakan nilai pretest dan posttest hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rata-rata N-gain self efficacy siswa pada kelas eksperimen adalah 0,42 dan kelas kontrol adalah 0,32, keduanya berada dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis uji beda N-gain didapatkan hasil nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00, menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata N-gain self efficacy siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata N-gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 0,46 dan pada kelas kontrol adalah 0,19, N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen berada dalam kategori sedang dan pada kelas kontrol berada dalam kategori rendah. Berdasarkan analisis uji beda N-gain didapatkan hasil nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00, menunjukan bahwa ada perbedaan rata-rata N-gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Analisis korelasi antara self efficacy dan hasil belajar siswa menunjukan adanya korelasi positif dengan nilai korelasi 0,481 yang berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian pada kelas eksperimen yang menggunakan model IBL dengan pendekatan STEM menunjukan peningkatan self efficacy dan hasil belajar siswa yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Kata Kunci: hasil belajar, Inquiry Based Learning, self efficacy, STEM.