MANAJEMEN KELAS INKLUSIF (Studi Kasus di Pendidikan Anak Usia Dini Ceria Bandar Lampung)
Main Author: | Ridha Mentari Dwansi, 1823102010 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64558/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64558/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64558/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64558/ |
Daftar Isi:
- ABSTRACT INCLUSIVE CLASSROOM MANAGEMENT (Case Study in Early Childhood Education) By Ridha Mentari Dwansi The purpose of this study was to analyze and describe: planning, organizing, actuating, and controlling in early childhood education. This research used a qualitative approach and a case study design. Sources of data from this study were nine informants namely one principals, two class teachers, one heads of program and curriculum development, one supervisors, two special accompanying teachers, and two parents of students. The results showed that (1) planning in inclusive class including learning program plans, an inclusive education model to be applied in inclusive classrooms, methods with students, the approach to be carried out, and preparation of supporting learning media. (2) organizing in inclusive classroom compiling school organizational structures, arranging student seats, arranging learning media, and building a classroom atmosphere. (3) actuating of an inclusive class with the daily program plan which contains the learning process, the media to be used, student seating arrangements, and interaction methods adjusted to the theme of the daily program plan. (4) controling in inclusive classroom prioritizes schools to supervise teacher performance directly in inclusive classrooms in order to determine corrective actions that are inconsistent with class goals. Keywords: Classroom management, inclusive class, early childhood education. ABSTRAK MANAJEMEN KELAS INKLUSIF (Studi Kasus di Pendidikan Anak Usia Dini Ceria Bandar Lampung) Oleh Ridha Mentari Dwansi Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: perencanaan kelas inklusif, pengorganisasian kelas inklusif, pelaksanaan kelas inklusif, dan pengendalian kelas inklusif di PAUD Ceria Bandar Lampung. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Sumber data dari penelitian ini berjumlah sembilan orang informan yaitu satu kepala sekolah, dua guru kelas, satu kepala bidang pengembangan program dan kurikulum, satu pengawas, dua guru pendamping khusus, dan dua orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kelas inklusif meliputi persiapan Rencana Program Pembelajaran (RPP), model pendidikan inklusif yang akan diterapkan di kelas inklusif, metode dalam berinteraksi dengan peserta didik, pendekatan yang akan dilakukan, dan persiapan media penunjang pembelajaran. (2) penggorganisasian kelas inklusif meliputi penyusunan struktur organisasi sekolah, pengaturan tempat duduk siswa, penyusunan media pembelajaran, dan membangun suasana kelas. (3) pelaksanaan kelas inklusif berpedoman dengan Rencana Program Harian (RPH) yang berisi proses kegiatan pembelajaran, media yang akan digunakan, pengaturan tempat duduk siswa, dan metode interaksi yang disesuaikan dengan tema pada rencana program harian. (4) pengendalian kelas inklusif mengutamakan kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap kinerja guru secara langsung dalam kegiatan kelas inklusif agar dapat menetapkan tindakan korektif saat terdeteksi penyimpangan yang tidak sesuai dengan tujuan kelas. Kata kunci : Manajemen kelas, kelas inklusif, pendidikan anak usia dini.