EFEKTIVITAS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN
Main Author: | INAS NUHA AFIFA, 1613024031 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64536/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64536/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64536/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64536/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran ADI dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik; dan (2) tingkat efektivitas dari pengaruh penerapan model pembelajaran ADI dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Global Madani Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020 yang terbagi dalam 4 kelas dengan jumlah 84 orang. Sampel penelitian yang terpilih adalah kelas VII.3 dan VII.4 sebesar 42 peserta didik dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-postest non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi pre-test dan post-test materi pokok pencemaran lingkungan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket tanggapan peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji Ankova, Effect size yang direpresentasikan melalui nilai partial eta-squared, dan BNT pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran ADI berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 (sig. < 0,05); dan (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran ADI memiliki efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai partial eta-squared sebesar 0,147 yang dikategorikan besar (≥ 0,14). Kata kunci: argument-driven inquiry, keterampilan berpikir kreatif, pencemaran lingkungan