EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADAMATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLITUNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS
Main Author: | Liana Maysaroh, 1613023026 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64527/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64527/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64527/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64527/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk mening-katkan keterampilan menganalisis. Metode penelitian yang diguna¬kan adalah Quasi Experimentdengan desain The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas X IPA SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam pene¬¬¬l¬¬itian ini adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan mo¬del pembela-jaran problem solvingdan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-ratan-gain keterampilan menganalisis di kelas eksperimen (0,63) berkategori sedang; serta terdapat per¬bedaan rata-rata skor postes keterampilanmenganalisis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit efektif untuk mening¬katkan keterampilan menganalisis. Kata kunci: model pembelajaran problem solving, larutan elektrolit dan non elektrolit,keterampilan menganalisis