PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Main Author: INDAH TRI WARDANI, 1613023016
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64523/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64523/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64523/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64523/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir analitis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 5 sebagai kelas ekspeimen. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control grup design. Pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir analitis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir analitis siswa untuk kelas konvensional dan kelas yang diterapkan pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik masing-masing 0,45 dan 0,66. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata yang dilakukan, disimpulkan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir analitis siswa pada materi kesetimbangan kimia yang diterapkan pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik lebih tinggi dari pada rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir analitis siswa dengan pembelajaran konvensional. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 88% peningkatan keterampilan berpikir analitis siswa dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dengan kriteria effect size “besar”. Kata kunci: Isu sosiosaintifik, keterampilan berpikir analitis, kesetimbangan kimia