EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
Main Author: | YESI ANIENDE, 1613023024 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KIP
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64522/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64522/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64522/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64522/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA AL-Azhar 3 Bandarlampung Tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh siswa kelas X IPA 4 seba-gai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan n-gain keterampilan pemecahan masalah di kelas eksperimen sebesar 0,57 yang berkategori sedang; terdapat perbedaan rata-rata skor postes yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Kata kunci: model problem solving, keterampilan pemecahan masalah, larutan elektrolit dan non elektrolit.