PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN SIMPLE HARMONIC MOTION BERBASISINKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: YOANA KRISTIYANI, 1653022002
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64516/1/1.ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64516/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64516/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64516/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi phyphox pada materi getaran harmonis berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 1 Pringsewu. Sampel yang digunakan pada penelitian kelas X MIPA 4, yang berjumlah 30 siswa. Desain pada penelitian adalah One Group Pretest-Postest. Pembelajaran dilakukan dengan praktikum menggunakan alat berbantuan phyphox berbasis inkuiri terbimbing. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh menggunakan tes tertulis dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami kenaikan sebesar 44% dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,72 dalam kategori tinggi dan hasil uji paired simple T-test diperoleh nilai sig kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi phyphox. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran getaran harmonis menggunakan aplikasi phyphox berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan sangat baik. Kata kunci: gerak harmonis sederhana, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, phyphox.