EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Main Author: INDAH TRI RAHMADHANI, 1513023063
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64505/1/ABSTRAK%20%28ii%29%20.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64505/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64505/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64505/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learn-ing untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian menggunakan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen serta kelas X MIPA 8 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan pemecahan masalah di kelas eksperimen sebesar 0,68 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Hasil pengujian statistik menunjukkan terdapat per-bedaan n-gain yang signifikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model discovery learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Kata kunci: keterampilan pemecahan masalah, model discovery learning, larutan elektrolit dan non elektrolit