EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Main Author: | RIMA DAMAYANTI , 1613023029 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64480/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64480/19/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64480/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64480/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkat¬kan keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain The Matching-Only Prettest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan proses sains kelas eksperimen (0,67) berkategori sedang; terdapat perbedaan rata-rata skor postes keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit efektif untuk mening¬¬kat¬¬kan keteram¬pilan proses sains siswa. Kata kunci: larutan elektrolit dan non elektrolit, keterampilan proses sains, model pembelajaran problem solving.