HUBUNGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 RUMBIA LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | NYOMAN SUWITA, 1313033065 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64471/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64471/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64471/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64471/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan. Pendidikan mutlak harus diberikan kepada setiap manusia. Oleh karena itu guru dituntut harus mampu merancang dan melaksanakan program pengalaman belajar dengan tepat agar siswa memperoleh pengetahuan secara utuh sehingga proses pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitianini adalah “Bagaimana Hubungan Media Video Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA N 1 Rumbia Tahun Ajaran 2019/2020?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “bagaimana Hubungan Media Video dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Di SMA N 1 Rumbia Tahun Ajaran 2019/2020?”. Penelitian menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4. Purposive sampling merupakan teknik yang digunakan untuk menentukan sampel pada penelitian ini. Teknik ini dilakukan pada seluruh populasi, tapi terfokus pada target. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan ujianalisis data dengan rumus Alpha. Berdasarkan rumus regresi linier sederhana nilai t : diketahui nilai thitung sebesar 2,129 > ttabel 2,064, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Media Video (X) berhubungan terhadap variabel Hasil Belajar (Y) dengan arah pengaruh positif. Kata Kunci: Hubungan, Media Video, Hasil Belajar